Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran Fiqoh Materi Shalat Berjamaah pada Siswa Kelas VII MTs Noor Iman Samarinda

Abdul Waris

Abstract


Penggunaan metode role playing berdampak positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi fiqih sebelumnya, oleh karena itu untuk mengetahui sebab dampak positif dalam penerapan metode role playing pada mata pelajaran fiqih, peniliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan metode pembelajaran role playing sebagai teknik belajar pada materi pokok Shalat berjamaah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran fiqih materi Shalat Berjamaah pada siswa kelas VII MTs Noor Iman Samarinda. Metodeyang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dari penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode role playing di MTs Noor Iman  pada siswa kelas VII terdiri dari tiga tahapan yaitutahapan satu persiapan dan instruksi, tahapan dua tindakan dramatik dan diskusi, dan tahapan tiga evaluasi bermain peran. Tahapan satu adalah persiapan dan instruksi yang meliputi problem atau dilema guru fiqih sebelum menerapkan metode role playing, persiapan sebelum menerapkan metode role playing, dan instruksi dari guru. Tahapan dua adalah tindakan dramatik dan diskusi yang meliputi guru menetapkan pengamat, situasi yang membuat permainan peran diberhentikan sejenak, dan sikap guru ketika terdapat siswa yang tidak aktif dalam diskusi. Tahapan tiga adalah evaluasi bermain peran yang meliputi hasil pemaparan diskusi siswa, penilaiain keefektivitasan penerapan metode role playing, dan catatan guru tentang metode role playing yang telah dilaksanakan.


Full Text:

PDF

References


Hasbullah, Dasar-Dasar Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).

Heri Gunawan, Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014).

Joni, “Penerapan Metode Role Playing dalam Peningkatan Keterampilan Gerak Sholat Anak TK Al-Latif Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”, dalam Jurnal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 1, No. 1, 2018.

Kiromim Baroroh, “Upaya Meningkatkan Nilai-nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing” , dalam Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, volume 8, no. 2, 2011.

Lexy. J. Maleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Muhamad Nukha Murtadlo, “Penerapan Metode Role Playing Pada Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi di Masyarakat Mata Pelajaran IPS Ekonomi Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP 4 Kudus”dalam Jurnal Economic Education Analysis Journal, no. 1, vol. 1, 2012, h. 26.

Teguh Triwiyanto, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).

Titin Sunaryati, Peningkatan Sikap Demokratis Siswa Melalui Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran PKN, (Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. 5: 2012).

Toto Suharto, Pendidikan Islam Kritis Menuju Rehumanisasi Pendidikan Islam, (Yogyakarta: CV Hidayah, 2014).

Umi Basiroh, “Peningkatan Hasil Belajar dan Imtak pada Materi Rendah Hati, Hemat dan Sederhana Melalui 3 Steps Of Role Playing Based On Daily Short Story Kelas VIII”, dalam Jurnal Profesi Keguruan, Vol.3, No.1, 2017.

Ziadatus Sha’adhah, dkk, “Penerapan Metode Role Playing Untuk Mengurangi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VIIA SMPN 1 Sukowono Semester Ganjil tahun Ajaran 2012/2013”, dalam Jurnal Kadikma, Vol. 4, No.2, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.