Stimulasi Motorik Halus pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di Paud Jannatul Athfal Samarinda

Paujiah Paujiah

Abstract


Perkembangan motorik adalah perubahan yang terjadi pada gerak anggota tubuh yang berhubungan dengan pusat syaraf, syaraf, dan otak yang diperoleh melalui interaksi dengan lingkungan dan faktor kematangan anak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui stimulasi motorik halus pada kegiatan menggunting kelompok A di  PAUD Jannatul Athfal Samarinda.. Jenis penelitian ini adalah penelitian riset dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, dan murid di PAUD Jannatul Athfal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stimulasi motorik halus pada kegiatan menggunting kelompok A di  PAUD Jannatul Athfal Samarinda melalui berbagai kegiatan antara lain: pertama, mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan kegiatan menggunting, cara ini digunakan agar anak fokus dalam melaksanakan kegiatan menggunting, kedua, mengontrol tangan menggunakan otot halus melalui gerakan memegang gunting menggunakan jari-jari anak ketiga, menjiplak gambar yaitu anak  menggunting sesuai dengan pola-pola yang disediakan, keempat, mengekspresikan diri melalui karya seni dengan berbagai media, anak akan menggunting beberapa pola yang disediakan dan menempelkannya sebagai hasil karya menggunting anak.


Full Text:

PDF

References


Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016

Andi, Prastowo, Metode Penelitian Kulaitatif Dalam Preespektif Rancangan Penelitian, Yogjakarta : AR-Ruzz Media, 2011

Ardy, Novan. Wiyani, Psikologi Perkembangan Anak, Cet. I, Yogyakarta: Gava Media, 2014

Bahruddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. III, Jogjakarta: AR RUZZ MEDIA, 2010

Decaprio, Richard, Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah, Diva Pres 2013

Handayani, Eko, Psikologi Perkembangan Anak, Cet. I, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013

Hildayani, Rini, Psikologi Perkembangan Anak, Cet. I, Tangerang: Universitas Terbuka, 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia Dini, Tahun 2015

Kirstine, Hansen, The Relationship between Teacher Perceptions of Pupil Attractiveness andAcademic Ability.British Educational Research Journal, Vol.42.No.3.2016

Lisdarlia, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai, Menggunting, Menempel (3M) Di TK Mekar Indah Kota Kendari, Universitas Halu Oleo Kendari, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2017

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum 2013, PAUD nomor 147 tahun 2014

Menteri Pendidikan Nasional, Standar Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum RA/BA Nomor 58, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2010

Nurani, Yuliani. Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Cet. I, Jakarta: PT. Indeks, 2009

Pamadhi, Hajar, Seni Keterampilan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 3489, Konsep, Tehnik dan Prosedur Penilaian, Tahun 2014

Pekerti, Widya, Metode Pengembangan Seni, Cet. V, Ed. I, Tangerang: Universitas Terbuka, 2016

Ruslam, Ahmadi, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Arr-Ruzz Media, 2016

S, George. Morrison, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Cet. II, Jakarta Barat: PT. Indeks, 2016

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Cet. 11, Bandung: Alfabeta, 2013

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2013

Sujiono, Bambang, Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009

Sukintaka, Teori Pendidikan Jasmani, Cet. I, Bandung: Nuansa, 2004

Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011

W, Jhon. Santrock, Perkembangan Anak, Jakarta:PT Gelora Aksara Pratama, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.