Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan Kalimantan Timur

Muhammad Anhar

Abstract


Abstrak

 

Pembelajaran bahasa Arab dinilai sulit terutama mahasiswa baru lulusan umum yang dihadapkan pada matakuliah yang cukup berat dengan menggunakan buku klasik. Hal ini dikarenakan kurangnya kreatifitas yang dimiliki dosen dalam memilih bahan ajar yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa lulusan sekolah umum, adanya variasi bahan ajar dengan memperhatikan sudut pandang dinilai mampu untuk mengurangi terjadinya disparitas pengajaran bahasa. Perlu adanya pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan minat dan pengembangan kemampuan bahasa Arab mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan.

Adanya disparitas antara bahan ajar yang lama terhadap bahan ajar baru dalam hal minat dan peningkatan kemampuan bahasa asing mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan.

Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi maka penulis melakukan analisis Masalah dengan cara melakukan USG dan Fishbone terhadap mahasiswa STIT Balikpapan. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat kesulitan di kalangan mahasiswa dalam memahami buku bahasa Arab yang lama dan lebih memahami buku bahasa Arab yang baru.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan lebih meminati bahan ajar yang baru dibanding bahan ajar lama sesuai dengan penilaian bahwa bahan ajar lama mendapatkan nilai sangat baik dengan total skor 9.2 dibanding penilaian bahan ajar yang lama hanya mendapatkan penilaian cukup dengan total skor  7.4.


Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Saiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Pedoman Penyusunan Bahan Ajar, Jakarta, 2006

Ibrahim, M. (2002). Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi: Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Surabaya: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Departemen Pendidikan Nasional.

Kemdiknas. (2010)b. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta :Puskur-Balitbang, Kemdiknas

Listyarti, Retni. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta.Esensi Erlangga Group

Setyosari, Punaji, (2013), “Metode Penelitian Pendidikandan Pengembangan”. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Uda Uwak. 2018. Strategi Pembelajaran Efektif dan Efisien. https://www.matrapendidikan.com/2014/01/strategi-pembelajaran-efektif-dan.html

UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.