Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi

Sidik Nuryanto

Abstract


Indonesia Mengajar mengundang para profesional yang sukses untuk turun tangan berbagi cerita dan pengalaman kerja selama sehari di Hari Inspirasi. Begitu kutipan kalimat yang terdapat pada gerakan Indonesia mengajar. Kelas inspirasi menjadi salah satu bagian dari program Indonesia mengajar, yang mana mengajak tokoh yang mempunyai profesi dan membagikan cerita dan pengalamannya kepada anak setingkat sekolah dasar selama satu hari. Selain itu ada kerjasama dari fasilitator selaku penyusun acara dan dokumentator untuk mengabadikan kegiatan. Kelas inspirasi sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam mendukung keberhasilan pendidikan di Indonesia. Pendidikan tidak hanya mendominasi dengan hasil capaian nilai kogntitif saja, namun perlu membekali anak dengan beragam nilai dan keterampilan untuk menjadi bekal hidupnya kelak. Partisipasi masyarakat artinya tindakan ikut mengambil bagian atau keikutsertaan dalam proses pendidikan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara melibatkan diri secara mental maupun emosional untuk memberikan sumbangsih terhadap pendidikan. Sumbangsih tidak harus berupa materi, namun segala sesuatu yang dapat menunjang keberhasilan pendidikan dapat diberikan. Dengan adanya partisipasi masyarakat terhadap pendidikan mengisyaratkan bahwa pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya guru saja. Dengan demikian dalam makalah ini akan menjelaskan secara lebih luas tentang beragam bentuk partisipasi masyarakat terhadap pendidikan.


Keywords


Partisipasi masyarakat, Kelas inspirasi

Full Text:

PDF

References


Fuad Nurhattati (2014). Manajemen pendidikan berbasis masyarakat konsep dan strategi implementasinya. Jakarta: Rajawali pers.

Isbandi Rukminto Adi. 2007. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok: FISIP UI Press

Mikkelsen, Britha. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan: Sebuah Buku Pegangan Bagi Para Praktisi Lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Rakyat

Newstrom, J.W dan Davis, K. 1993. Organizational Behavior: Human Behavior at Work. News York: McGraw-Hill, Inc.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Kementrian pendidikan dan Kebudayaan.

www.kelasinspirasi.org

www.kelasinspirasimagetan.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.