Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor dalam Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan

Dwi Nur Aini Dahlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inventaris, frekuensi dan penggunaan permainan out door dalam pembelajaran pada sekolah taman kanak-kanak di desa bakungan kecamatan loajanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah penelitian lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pencapaian kredibilitas yang digunakan antara lain perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa permainan out door yang dimiliki seperti ayunan, jungkat-jungkit, prosotan, bola dunia, mangkok berputar dan terowongan ban. Permainan yang sering dipakai adalah ayunan, prosotan dan mangkok berputar dengan kondisi yang baik. Permainan yang jarang dipakai adalah jungkat-jungkit dan teorwongan ban, dan yang tidak pernah dipakai adalah jaring laba-laba dan permainan dengan kondisi yang tidak baik. Penggunaan permainan out door dalam pembelajaran tidak optimal karena karena tidak mengimplementasikan prinsip-prinsip pembelajaran dan tidak didokumentasikan.

Keywords


Identifikasi, Optimalisasi, Permainan Outdoor, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Nugraha, Ali, Evaluasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini, Bandung: UPI, 2010.

Brown, J. S., Collins, A., & Duguid, P, Situated cognition and the culture of learning, dalam Jurnal Educational Researcher, 1989.

Depdiknas, Menu Generik Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta; Depdiknas, 2003.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Gani, Hasniyati Ali, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik, dalam Jurnal At-ta’dib vol 6 no 1, 2013.

Muhammad, Immawan Arif, Alat Permainan Edukatif Outdoor Yang Digunakan Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Se-Kecamatan Wonosari Gunung Kidul, dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 8 Tahun ke-5, 2016.

Isjoni, Model Pembelajaran Yang Efektif Bagi Pendidikan Anak Usia Dini, www.isjoni.net/web/content/view/44/4/-44k;tembolok;Laman, 2006.

Kemendikbud, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud, 2015.

Laura, Kornellia Andini, dkk, Analisis Pengelolaan Area Bermain Outdoor Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK LKIA Pontianak. Pontianak: Program Studi PGPAUD Untan.

Patmonodewo, soemiarti, Pendidikan Anak Pra Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Andriani, Rini dan Hanita Hanita. Meningkatkan Motorik Kasar melalui Bermain Bola Kelompok B Di TK Nusantara Kecamatan Marangkayu Tahun Pembelajaran 2017/2018, dalam Jurnal Warna:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usai Dini, 2018.

Sarilah, Analisis Masalah-Masalah Pembelajaran Sains dan Pemecahannya Ditinjau dari Pendekatan Kontekstual, dalam Jurnal JESI vol1 no 1, juni, 2017.

Qomariyah, Siti, Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Out Door Terhadap Ketrampilan Motorik Kasar Anak Tk Di Kecamatan Tandes Surabaya, Skripsi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2016.

Slamet Suyanto, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2003.

Sujiono dan yuliani nuraini, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Puskur, 2009.

Yudha M saputra dan Rudyanto, 2005, Pembelajaran Kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan anak TK. Jakarta: Depdiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.