IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI ERAMART SAMARINDA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Syahrullah Syahrullah IAIN Samarinda
  • Muhammad Iswadi IAIN Samarinda
  • Tikawati Tikawati IAIN Samarinda
  • Muhamad Hasbi IAIN Samarinda
Keywords: CSR, Corporate Social Responsibility

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah gagasan yang menjadikan perusahaan tidak hanya  bertanggung jawab pada nilai perusahaan saja, tetapi juga berpijak pada kegiatan ekonomi, sosial dan lingkungan dari sebuah entitas. CSR di perlukan sebagai suatu komitmen berkelajutan dari perusahaan untuk bertanggung jawab secara ekonomi sosial, dan ekologis kepada masyarakat, lingkungan, serta para pemanggku kepentingan (Stageholder). Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility oleh Eramart Samarinda terdapat beberapa jenis yang di lakukan oleh perusahaan dalam mengimplementasikan kegitan CSR Maka peneliti ingin melakukan penelitian di suatu perusahaan ritel lokal di Samarinda dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program kerja Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada di Eramart Samarinda serta apakah implementsinya sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Tield Research (Lapangan) dengan jenis Kualitatif – deskriptif menggunakan analisis isi (Content Analisis) data yang dianalisis yaitu data yang terbagi menjadi dua yakni data primer berupa data langsung dari PT Eramart group dan data sekunder berupa refrensi teori serta dalam teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi, Observasi, dan Wawancara.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Program Corporate Social Responsibility di Eramart Samarinda dalam bidang pendidikan dan sosial diantaranya 1) dengan menggunakan pola implementasi melalui yayasan atau organisasi perusahaan dengan mendirikan Yayasan Rumah Tahfidz. 2) Implementasi keterlibatan langsung dengan memberikan bantuan kepada yayasan panti asuhan Darul Falah  berupa dana dan sembako. 3)  Implementasi kerjasama dengan lembaga sosial atau organisasi non Pemerintah. Implementasi Program Kerja Corporate Social Responsibility (CSR) di Eramart Samarinda menggunakan  prinsip ekonomi Islam di antaranya Prinsip keadilan, Prinsip Raḥmatan Lil‟alamῑn dan Prinsip Maslahah (Kepentingan Masyarakat).

References

Azhery, Busyra. Corporate Social Responsibility : Dari Voluntary Menjadi Mandatory.Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2012.
Capra, M. Umer. Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani Press & Tazkia Cendekia.2000.
Dusuki, Asyraf Wadji. Stakeholder‟s Perceptions of Corporate Social ResponsibilityofIslamic Banks: Evidence from Malaysian Economy.
Fahmi, Irham. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014. Grindles, Meriles. Politics and Policy Implementation in the thaird World Princnton university Press, New Jersey, 1980.
Hadi,Nor. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Harahap, Sofyan. S. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jakarta Penerbit : Salemba Empat, 2012.
Inten, Meutia. Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (Suatu Pendekatan Kritis).Jakarta: Citra Pustaka Indonesia, 2010.
Izzan, Ahmad, Syahri Tanjung. Referensi Ekonomi Syariah dan Ayat - ayat yang berdimensi ekonomi. Bandung : PT. Rosdakarya, 2006.
Published
2021-06-15
Section
Articles