PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT DANA PEDULI UMMAT KALIMANTAN TIMUR

  • Muhammad Fachry IAIN Samarinda
  • Darmawati Darmawati IAIN Samarinda
  • Fitria Rahmah IAIN Samarinda
  • Nur Rahmatullah IAIN Samarinda
Keywords: Brand Awareness, Perceived Quality, Keputusan Membayar Zakat

Abstract

Saat ini, Zakat menjadi salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk pemerataan pendapatan. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan meningkatkan jumlah penerimaan zakat dilembaga dengan terus melakukan upaya penggalian dana zakat. Di Indonesia terdapat lembaga semi dan non pemerintah yang memiliki wewenang untuk melakukan pengumpulan,  pengolahan dan pendistribusian zakat, Salah Satunya LAZ DPU Kalimantan timur. Dalam rangka untuk mengambil hati para donatur atau muzakki, LAZ DPU Kalimantan Timur haruslah dikenal oleh masyarakat. Salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan mereknya dan mengukur keberadaan merek di pasar dapat diketahui dengan ekuitas merek. Ekuitas merek tidak terlepas dari beberapa dimensi yaitu brand awareness dan perceived quality. Pengaruh brand awareness dan perceived quality sangat penting karena dengan adanya brand awareness masyarakat akan dapat mengenal dan mengingat kembali LAZ DPU Kalimantan Timur dan dengan adanya persepsi kualitas terhadap keseluruhan suatu produk atau jasa dapat menentukan nilai dari produk atau jasa tersebut dan berpengaruh secara langsung terhadap keputusan membayar zakat mereka terhadap LAZ DPU Kalimantan Timur jika mereka ingin berzakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap keputusan muzakki membayar zakat baik secara parsial maupun simultan.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah muzakki di LAZ DPU Kalimantan Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan accidental sampling dengan jumlah sampel 94 dari 1748 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel brand awareness dan variabel perceived quality  berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki membayar zakat di lembaga amil zakat dana peduli ummat Kalimantan Timur baik secara parsial maupun secara simultan.

References

Hafidhuddin, Didin. 2002. Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani
Hasan, I. 2002 Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia
Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta:C.V.Andi Offset
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Alih Bahasa Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga
Yuniarto, Bambang. 2013. Membangun Kesadaran Warga Negara dalam Pelestarian Lingkungan. Yogyakarta: CV Budi Utama
Published
2021-06-15
Section
Articles