Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) di Kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020

Mosy R Arrahmah

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh realita yang terjadi di Sekolah. Pada akhir tahun pelajaran masih juga terdapat 16 dari 32 siswa siswa yang belum dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Mininum (KKM) khususnya pada pembelajaran matematika materi bangun datar. Penyebabnya adalah siswa kesulitan membedakan antar rumus dan unsur yang ada pada bangun datar, kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada, serta kurangnya rangsangan guru terhadap siswa untuk menumbuhkan minat anak dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda.

Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang Samarinda yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu rubik penilaian hasil tes tertulis, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa pada prasiklus 62,82 persentase ketuntasan 50,00%. Kemudian dilanjutkan siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 65,71 persentase ketuntasan 59,38%. Siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 68,65 persentase ketuntasan 68,75%. Siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 71,84 persentase ketuntasan 75%. Siklus II pertemuan II, kemampuan siswa meningkat dengan nilai rata-rata 73,84 persentase 87,5%. Sebenarnya jika dilihat dari nilai standar KKM sudah tercapai, namun belum mencapai nilai yang ditargetkan oleh peneliti yaitu 75. Selanjutnya pada kegiatan penyempurnaan pada pembelajaran dilakukan observasi akhir dan kemampuan siswa meningkat menjadi nilai rata-rata 76,34 persentase 90,63%. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika dikelas IV SDN 027 Terpadu Sungai Kunjang, Samarinda.

 


Full Text:

PDF

References


Amina Susmiati, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B MIN Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013” (Tulungagung, Skripsi Tidak Diterbitkan, 2012).

Ika Kholifatuzzawa dengan skripsinya “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013” (Tulungagung, Skripsi Tidak Diterbitkan, 2012).

Nar Heryanto, Statistika Pendidikan, (Tanggerang Selatan; Universitas Terbuka;2016) h. 43

Riduan dan Sunarto, Pengantar Statistik untuk Penelitian : Pendidikan,Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis, cetakan ke-3, (Bandung:Alfabeta, 2010), h.38

Rostina Sundayana, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika, (Bandung: Penerbit ALFABETA:2015), h.2

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta; PT. Bumi Aksara,2006), h.16

Unknow, “Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)”, diakses dari http://akhmuhammadarifin.blogspot.com/2013/06/model-pembelajaran-team-games.html, pada tanggal 08 Juni 2013, pukul 07.30


Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexing

 

______________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons

 Borneo Journal of Science and Mathematics Education is lisenced under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Based on a work at https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/bjsme/

Contact us: Address: Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda; H.A.M. Rifaddin Street, Samarinda, East Borneo, Indonesia. Email Us: sajiejournal@gmail.com

 

Campus Location