Dinamika Pendidikan Islam di Zaman Penjajahan Belanda

Aslan Aslan

Abstract


Pendahuluan: Artikel ini ingin menyoroti tentang dinamika pendidikan Islam di Zaman Penjajahan Belanda., yang mana, telah membawa perubahan yang besar bagi pendidikan yang ada, khususnya di Indonesia. Peran Kolonial Belanda tidak terlepas dari pembaharuan Belanda dalam pendidikan yang ada di Indonesia ini. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat kajian pustaka dengan menganalisis sumber-sumber yang terkait. Hasil: Perjalanan sejarah pendidikan yang ada di Indonesia telah mengalami perubahan yang luar biasa, yang tidak terlepas dari peran orang Belanda. Oleh karena itu, dalam hal melakukan perubahan tersebut dikenal dengan istilah transformasi, Ulama-ulama Indonesia dalam menuntut ilmu di Mekah, dengan relanya tinggal beberapa tahun di Mekah demi mendapatkan ilmu yang nantinya akan di ajarkan di Kampung halamannya. Ilmu yang diperoleh dari Mekah, nantinya akan diajarkan kepada santri-santri pada pondok Pesantren sehingga membawa perubahan pada pendidikan Indonesia yang dikenal sebagai modernisasi. Dampak yang dihasilkan dari perubahan ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kurikulum ikut mengalami perubahan juga.

Keywords


Dinamika, pendidikan Islam, penjajahan Belanda

Full Text:

PDF

References


Azra, Azyurmadi. (1990). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta: Logos.

Bruinessen, Martin van.” Pesantren dan Kitab Kuning: Pemelihara dan Kesinambungan Tradisi Pesantren”, Jurnal Ilmu dan Kebudayaan Ulumul Qur’an, Vol. III, no. 4, (1992).

Dhofir, Zamakhsyari. (1994). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.

Esposito, John L. (2001). Ensiklopedi Oxford, Dunia Islam Modern, (terj.), (Bandung: Penerbit Mizan.

Geetz, Cliford. (1983). The Religion of Java, (Terj), Aswab Mahasin, Abangan, Santri, Priyayi dalam masyarakat Jawa. Jakarta: Kerja sama Yayasan ilmu-ilmu social dan Dunia Pustaka Jaya.

Hasan, Muhammad, Said Iderus, Latifah Abdul Majid dan Ahmad Asmadi Sakat,” Peranan Ulama Banjar Abad Ke-20 dalam Tradisi Penulisan hadis Arba’in di Banjar dan Malaysia,” Al-Banjari Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman,” Vol. 15, no. 2, (2016).

Hasbullah (1995). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia ; Lintas Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan. Jakarta: Lembaga studi Islam dan Kemasyarakatan.

https://diepstehart.wordpress.com/2013/11/16/gerakan-modernisme-islam-dahubungannya-dengan-revivalisme-islam/

https://sartikahinata.wordpress.com/2013/02/15/kebangkitan-umat-islam-di-indonesia/

Islam, Ensiklopedi. (1986). Jakarta: Penerbit Ichtiar Baru Van Hoeve.

Nasution, Harun dan Azyumardi Azra. (1996). Perkembangan Modern dalam Islam. Jakarta: Yayasan Obor.

Nata, Abuddin. (2004). Sejarah Pendidikan Islam pada periode klasik dan Pertengahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Steenbrink, Karel A. (1994). Recente Ontwikkelingen in Indonesisch Islamonderricht, (Terj) Karel A.Steenbrink dan Abdurrahman, Pesantren, Madrasah, Sekolah, Pendidikan Islam dalam kurun Modern. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Yafie, Muhammad Ali.” Arti kehadiran kitab kuning bagi perkembangan Hukum di Indonesia,” Jurnal Studi dan Informasi Keagaman, no. 28, Th. XIII, (1989).

Yatim, Badri. (2008). Sejarah Peradaban Islam, Dirasa Islamiyah II. Cet. II; Jakarta: PT. Raja Gtafindo Persada.

Yunus, Mammud. (1960). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Pustaka Mahmudah.




DOI: http://dx.doi.org/10.21093/sy.v6i1.1024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________ View My Stats

Flag Counter

Indexing and Abstracting

   Image result for mendeleyImage result for academia edu


Contact us: Address: PPs IAIN Samarinda; Jl. KH. Abul Hasan No 3, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Email Us: journal.syamil@gmail.com