Ketahui Alasan Toyota Recall Yaris Cross di Indonesia, Masalah Serius? agar tetap aman!

Kamis, 22 Mei 2025 oleh journal

Ketahui Alasan Toyota Recall Yaris Cross di Indonesia, Masalah Serius? agar tetap aman!

Toyota Umumkan Recall Yaris Cross di Indonesia: Ada Apa dengan Panoramic Roof?

Kabar penting bagi pemilik Toyota Yaris Cross! Toyota Indonesia baru-baru ini mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk sejumlah unit Yaris Cross. Masalahnya terletak pada potensi masalah di bagian panoramic roof glass.

Menurut pernyataan resmi Toyota, recall ini menyasar Yaris Cross yang diproduksi antara Mei 2023 hingga November 2024. Toyota menghimbau para pemilik mobil dengan tahun produksi tersebut untuk segera mengunjungi bengkel resmi Toyota terdekat guna dilakukan pemeriksaan gratis.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, menegaskan bahwa langkah ini adalah wujud komitmen Toyota dalam mengutamakan keselamatan dan kepuasan pelanggan. "Kami terus berupaya memberikan perhatian penuh pada setiap produk yang kami pasarkan di Indonesia," ujarnya.

"Kami mengundang para pemilik Toyota Yaris Cross dengan tahun produksi tertentu untuk melakukan pemeriksaan Panoramic Roof Glass di bengkel resmi Toyota terdekat. Jika diperlukan, perbaikan akan dilakukan tanpa biaya. Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk memastikan pelanggan selalu merasa aman dan nyaman bersama Toyota," lanjut Henry.

Perlu diketahui, fitur Panoramic Glass Roof with Power Sunshade adalah fitur standar pada Toyota Yaris Cross tipe 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package. Dari hasil investigasi, Toyota mendeteksi adanya potensi pemasangan yang kurang optimal pada bagian panoramic roof glass untuk model-model tersebut yang diproduksi antara Mei 2023 dan November 2024. Total unit Yaris Cross yang terdampak recall ini mencapai 8.288 unit.

Masalah ini berakar pada glass primer, yaitu lapisan perekat yang digunakan untuk merekatkan kaca panoramic ke panel atap mobil. Pada Yaris Cross dengan tahun produksi tertentu, terindikasi bahwa pemasangan glass primer kurang optimal selama proses produksi. Akibatnya, daya rekat antara panoramic roof glass dan panel atap berpotensi berkurang, sehingga kaca bisa menjadi kurang rapat.

Proses pemeriksaan Panoramic Roof Glass diperkirakan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Jika diperlukan penggantian komponen, waktu penanganan bisa mencapai sekitar 4 jam, tergantung kondisi kendaraan. Seluruh proses akan dilakukan oleh teknisi bersertifikasi di bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily, menambahkan, "Pelanggan tidak perlu khawatir. Kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab Toyota untuk menjamin keselamatan berkendara. Kami sarankan pelanggan untuk memastikan apakah mobilnya termasuk dalam program recall ini dengan menghubungi jaringan dealer resmi Toyota, website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, Toyota Customer Care di nomor 1-500-315 (24 jam), atau melalui Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) via Whatsapp di nomor 08111500315."

Memiliki panoramic roof di mobil memang keren, tapi perawatannya juga penting lho! Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar panoramic roof mobilmu tetap awet:

1. Periksa Secara Berkala Kondisi Karet Seal - Karet seal berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam kabin. Pastikan karet seal tidak getas atau robek. Jika ada kerusakan, segera ganti ya!

Contohnya, saat mencuci mobil, sekalian periksa karet seal di sekeliling panoramic roof. Kalau terasa kering, bisa dioleskan rubber protectant.

2. Bersihkan Kotoran Secara Rutin - Debu, daun, atau kotoran burung bisa menumpuk di sekitar panoramic roof. Bersihkan secara rutin agar tidak merusak lapisan kaca.

Gunakan air sabun lembut dan lap microfiber untuk membersihkannya. Hindari penggunaan bahan kimia keras yang bisa merusak kaca.

3. Hindari Parkir di Bawah Pohon Rindang Terlalu Lama - Getah pohon bisa sangat sulit dihilangkan dan berpotensi merusak kaca panoramic roof.

Usahakan parkir di tempat yang teduh tapi tidak terlalu dekat dengan pohon yang mengeluarkan getah.

4. Gunakan Sunshade Saat Cuaca Panas - Paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama bisa membuat kaca panoramic roof menjadi panas dan memudarkan warna interior mobil.

Manfaatkan sunshade bawaan mobil atau pasang tambahan jika diperlukan, terutama saat parkir di tempat terbuka.

5. Perhatikan Bunyi Aneh Saat Membuka/Menutup - Jika kamu mendengar bunyi aneh saat membuka atau menutup panoramic roof, segera periksakan ke bengkel resmi. Ini bisa jadi indikasi adanya masalah pada mekanisme penggeraknya.

Jangan tunda perbaikan, karena masalah kecil bisa menjadi lebih besar jika diabaikan.

Apakah mobil Yaris Cross milik Bambang pasti terkena recall ini?

Menurut Bapak Taufik Sugiharto, seorang pengamat otomotif, "Tidak semua Yaris Cross terdampak. Recall ini hanya berlaku untuk unit yang diproduksi antara Mei 2023 dan November 2024. Sebaiknya Bambang mengecek tahun produksi mobilnya dan menghubungi Toyota untuk memastikan."

Apa yang harus dilakukan jika Yaris Cross milik Sari termasuk dalam daftar recall?

Ibu Maya Handayani, seorang Service Advisor di Toyota, menyarankan, "Sari sebaiknya segera menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk membuat janji pemeriksaan. Proses pemeriksaan dan perbaikan (jika diperlukan) akan dilakukan secara gratis."

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan Yaris Cross milik Joko?

Menurut Bapak Agus Salim, seorang teknisi bersertifikasi Toyota, "Waktu pemeriksaan sekitar 1,5 jam. Jika perlu penggantian komponen, bisa memakan waktu hingga 4 jam, tergantung kondisi mobil Joko."

Apakah recall ini akan mempengaruhi harga jual kembali Yaris Cross milik Rina?

Bapak Budi Santoso, seorang pedagang mobil bekas, berpendapat, "Recall memang bisa sedikit mempengaruhi harga jual, tapi jika Rina sudah melakukan perbaikan sesuai dengan program recall, hal itu justru menunjukkan bahwa mobilnya terawat dan bisa menjadi nilai tambah."

Apakah Toyota akan memberikan mobil pengganti sementara untuk Yaris Cross milik Fitri yang sedang diperbaiki?

Menurut Ibu Dewi Lestari, Customer Relation Officer Toyota, "Kebijakan pemberian mobil pengganti sementara bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing dealer. Sebaiknya Fitri menanyakan langsung ke dealer Toyota tempat dia melakukan perbaikan."

Bagaimana jika Yaris Cross milik Herman sudah dimodifikasi, apakah masih bisa mengikuti program recall?

Bapak Chandra Irawan, seorang ahli modifikasi mobil, menjelaskan, "Modifikasi tertentu mungkin tidak mempengaruhi program recall, tapi sebaiknya Herman berkonsultasi dengan pihak Toyota untuk memastikan apakah modifikasi yang dilakukan mempengaruhi garansi atau proses perbaikan terkait recall."