Ketahui Wujud Yamaha New Tricity 125 Versi 2025, Nmax Roda Tiga? Lebih Dekat Sekarang!
Selasa, 3 Juni 2025 oleh journal
Yamaha Tricity 125 2025: Nmax Beroda Tiga yang Makin Keren!
Pecinta skutik unik, bersiaplah! Yamaha baru saja memperkenalkan versi terbaru dari skutik roda tiganya, Tricity 125. Kabar baiknya, motor ini mendapatkan sentuhan segar yang membuatnya makin menarik. Basis mesinnya? Tak lain adalah jantung pacu yang juga digunakan pada Yamaha Nmax 125.
Desain Baru yang Makin Agresif
New Yamaha Tricity 125 versi 2025 hadir dengan perubahan desain yang cukup signifikan. Jika dilihat sekilas, terutama bagian belakangnya, motor ini punya kemiripan dengan Nmax Neo/Turbo terbaru. Yamaha Eropa menyebutkan bahwa desain Tricity 125 kini lebih tegas dan agresif.
Bagian depan motor ini menggunakan lampu utama single projector yang diapit oleh lampu LED DRL di bagian atas. Tampilan fascia-nya secara keseluruhan mengingatkan kita pada desain kakaknya, Tricity 300.
Bagian Belakang Mirip Nmax Neo/Turbo
Beralih ke bagian samping, garis-garis bodi New Tricity 125 terlihat lebih tajam. Namun, yang paling mencuri perhatian adalah desain lampu belakang dan lampu seinnya. Bentuknya sangat mirip dengan desain lampu belakang dan sein pada Yamaha Nmax Neo dan Turbo. Tak heran jika banyak yang menjulukinya sebagai Nmax versi roda tiga.
Mesin Nmax 125 yang Sudah Teruji
Julukan "Nmax versi tiga roda" memang bukan tanpa alasan. New Tricity 125 ditenagai oleh mesin yang sama dengan Yamaha Nmax 125 yang dipasarkan di Eropa. Mesin ini berkapasitas 125 cc, 4-tak, berpendingin cairan, SOHC, 4-katup, silinder tunggal, dengan bore x stroke 52,0 x 58,7 mm, dan sudah memenuhi standar emisi Euro5+.
Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,0 kW (12 dk) pada 8.000 rpm dan torsi 11,2 Nm pada 6.000 rpm. Teknologi VVA (Variable Valve Actuation) juga hadir untuk menjaga performa mesin tetap optimal di setiap putaran.
Fitur Canggih Lainnya
Selain perubahan pada desain bodi, New Yamaha Tricity 125 juga mendapatkan pembaruan pada panel instrumen. Kini, motor ini dilengkapi dengan panel full digital TFT 4,2 inci yang desainnya mirip dengan panel instrumen Yamaha Aerox Alpha. Panel instrumen ini juga mendukung fitur navigasi turn-by-turn.
Tentu saja, teknologi LMW (Leaning Multi Wheel) tetap menjadi andalan Tricity 125. Teknologi ini memungkinkan motor roda tiga ini untuk menikung dengan lincah layaknya motor dua roda. Sistem pengereman terpadu alias Unified Braking System (UBS) juga hadir untuk meningkatkan keamanan.
Harga
New Yamaha Tricity 125 dibanderol mulai 4.801 pounds atau setara dengan Rp 105,5 jutaan. Tertarik untuk memilikinya?
Buat kamu yang tertarik atau baru saja memiliki skutik roda tiga seperti Yamaha Tricity 125, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar pengalaman berkendara makin aman dan menyenangkan:
1. Biasakan Diri dengan Handling - Skutik roda tiga punya karakteristik handling yang berbeda dengan motor biasa. Luangkan waktu untuk berlatih di area yang luas dan aman untuk membiasakan diri dengan cara motor ini berbelok dan bermanuver. Contohnya, coba lakukan manuver angka delapan dengan kecepatan rendah.
2. Manfaatkan Teknologi LMW - Teknologi Leaning Multi Wheel (LMW) memungkinkan motor miring saat berbelok. Jangan ragu untuk memanfaatkan fitur ini saat menikung. Semakin percaya diri kamu dengan LMW, semakin lincah pula kamu saat berkendara. Ingat, jangan terlalu kaku saat membelok, ikuti saja gerakan motor.
3. Perhatikan Sistem Pengereman UBS - Yamaha Tricity 125 dilengkapi dengan Unified Braking System (UBS). Sistem ini mendistribusikan pengereman secara merata antara roda depan dan belakang. Biasakan diri untuk menggunakan tuas rem secara bersamaan agar pengereman lebih efektif dan stabil. Hindari mengerem mendadak hanya dengan satu tuas.
4. Rutin Periksa Kondisi Ban - Karena memiliki tiga roda, kondisi ban menjadi sangat penting. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik ban secara berkala. Pastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang aus atau kurang angin dapat mempengaruhi handling dan keamanan berkendara.
Apakah Yamaha Tricity 125 cocok untuk pemula, Mas Budi?
Menurut Bro Ronny dari channel MotorExpert, "Yamaha Tricity 125 sangat cocok untuk pemula karena stabilitasnya yang lebih baik dibandingkan motor roda dua. Fitur UBS juga membantu pengereman lebih aman. Tapi tetap butuh adaptasi ya!"
Apa saja keunggulan teknologi LMW pada Tricity 125 menurut Mbak Sinta?
Kata Mbak Sinta, seorang reviewer otomotif, "Teknologi LMW memberikan rasa aman dan percaya diri lebih saat menikung. Motor terasa lebih stabil dan tidak limbung, terutama saat kondisi jalan kurang ideal."
Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar Tricity 125, Pak Joko?
Menurut Pak Joko, seorang mekanik berpengalaman, "Konsumsi bahan bakar Tricity 125 mirip dengan Nmax 125. Tergantung gaya berkendara, tapi umumnya cukup irit untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan."
Apakah suku cadang Tricity 125 mudah didapatkan, Bu Ani?
Bu Ani, pemilik bengkel motor, menjelaskan, "Karena mesinnya sama dengan Nmax 125, banyak suku cadang yang kompatibel. Jadi, relatif mudah didapatkan di bengkel-bengkel umum maupun dealer resmi Yamaha."